4 Perbedaan Antara Sekolah Nasional Dan Internasional di Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semua orang tua pasti berharap anak akan berkembang di bidang akademik dan non akademik. Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional seperti Cambridge atau International Baccalaureate. Hal ini akan memberikan peluang besar untuk masuk ke kampu di luar negeri. 


Sekolah internasional sudah lama berkembang di Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta. Rekomendasi sekolah internasional di Jakarta adalah Jakarta international school. Bahasa yang digunakan juga bilingual yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Lalu, apa perbedaan international dan national school di Indonesia? 


Bahasa pengantar 
Perbedaan sekolah internasional dan nasional ada pada bahasa pengantar yang digunakan. Sekolah internasional memiliki ragam bahasa terutama bahasa pengantar utamanya bahasa Inggris. Para pengajar di sekolah internasional juga langsung dari penutur aslinya. Kelebihan ini, lebih mudah untuk anak mempelajari bahasa dengan benar. 
Meskipun sekolah nasional juga sudah menggunakan bahasa Inggris, tetapi porsi penggunaan lebih dominan ke Bahasa Indonesia. 


Penerapan kurikulum di sekolah 
Perbedaan kedua jenis sekolah ini dapat dilihat dari penerapan kurikulumnya. Sekolah internasional seperti Jakarta International School menerapkan kurikulum Cambridge atau IB. Kurikulum internasional juga membutuhkan persetujuan dari lembaga pengembang kurikulum, jadi tidak langsung diterapkan di sekolah tersebut. 


Tenaga pengajarnya juga harus disesuaikan dengan standar internasional. Kurikulum nasional dibuat langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) Indonesia. Kurikulum nasional lebih fokus ke aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. 


Tersedianya Fasilitas di sekolah 
Perbedaan yang juga cukup signifikan antara sekolah nasional dan internasional adalah fasilitas. Sekolah internasional lebih memperhatikan fasilitas untuk menunjang pembelajaran siswa oleh karena itu biaya sekolahnya juga sangat mahal berbeda dengan sekolah nasional di bawah naungan pemerintah, fasilitas disediakan berdasarkan anggaran pendidikan dari kementerian. Keunggulannya, biaya sekolah nasional negeri atau swasta lebih murah dibandingkan sekolah internasional. 
Fasilitas Jakarta international school antara lain laboratorium sains, perpustakaan, belum lagi sarana dan prasarananya yang nyaman. 


Jumlah mata pelajaran
Penerapan metode pembelajaran juga berbeda bergantung pada mata pelajarannya. Sekolah internasional memiliki mata pelajaran lebih sedikit. Mata pelajaran utama seperti matematika, bahasa Mandarin, bahasa Inggris dan lainnya. Hal ini membuat siswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang akademik. Berbeda dengan sekolah nasional yang memiliki mata pelajaran yang banyak.

 

 

 

sekolah nasional dan internasional perbedaan