6 Kiat untuk Membantu Anda Menemukan Sekolah Internasional yang Bagus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

International School Jakarta - Apakah Anda berpikir untuk pindah ke luar negeri untuk mengajar tahun depan? Dua tahun di sekolah internasional di jakarta adalah komitmen besar sehingga penting untuk menemukan sekolah yang memiliki reputasi baik, sesuai dengan rencana pengajaran Anda sendiri dan yang paling penting, bahwa Anda bisa bahagia. Kami telah mengumpulkan enam kiat untuk membantu Anda menemukan sekolah terbaik untuk Anda.

 

Teliti sekolah secara menyeluruh

Tinjau situs web sekolah secara detail. Sekolah international di jakarta sangat bervariasi dalam hal etos, pendekatan belajar dan mengajar, kurikulum dan ujian, demografi guru dan siswa, CPD dan dukungan staf, ukuran sekolah, lokasi dan banyak lagi, jadi penting untuk mencocokkan sekolah yang tepat dengan pengalaman, kebutuhan, dan preferensi Anda. Kurikulum apa yang diikuti sekolah? Apakah filosofi sekolah sejajar dengan Anda? Apakah ini sekolah besar atau kecil? Apakah itu memiliki fasilitas yang bagus? Apakah itu terdengar tepat untuk Anda?

 

Cari tahu apakah sekolah terakreditasi

Sebagian besar sekolah international yang baik dan luar biasa diakreditasi oleh salah satu dari beberapa badan akreditasi yang bereputasi baik. Badan tersebut adalah Council of International Schools (CIS), Centre for British Teachers (CfBT), AdvancED and the Council of British International Schools (COBIS). Jika sekolah telah diakreditasi, maka biasanya akan memberi tahu Anda di beranda situs web mereka.

 

Lihatlah untuk melihat apakah sekolah adalah anggota dari asosiasi internasional

Ada beberapa asosiasi sekolah international global dan juga beberapa asosiasi sekolah international regional. Sebagian besar badan-badan ini memiliki seperangkat standar untuk keanggotaan dan beberapa memiliki akreditasi sendiri. Jika sekolah adalah anggota dari salah satu asosiasi ini, sekolah akan dapat menampilkan logo di situs webnya. Sebagian besar sekolah akan menampilkan logo ini di beranda mereka. Berhati-hatilah dengan sekolah yang hanya mengatakan bahwa mereka 'melamar keanggotaan', terutama jika aplikasi tersebut telah berlangsung selama lebih dari satu tahun. Anda selalu dapat menghubungi asosiasi untuk memverifikasi keanggotaan sekolah.

 

Periksa apakah sekolah sudah diperiksa

Sebagian besar sekolah international jakarta diperiksa oleh otoritas inspeksi lokal mereka, meskipun mereka mungkin tidak berkewajiban untuk memiliki pemeriksaan gaya Ofsted penuh, dan laporannya mungkin tidak mudah dipahami atau diperbandingkan. Beberapa sekolah, bagaimanapun, memilih untuk melalui proses yang diakui secara internasional juga untuk memastikan standar mereka dipelihara dan dipahami. Inspeksi, sebagian besar, dilakukan oleh  Independent School Inspectorate, Cambridge Education, Penta, Ofsted atau the CfBT Education Trust. Contohnya, sekolah international di Dubai semuanya diperiksa melalui KHDA (Knowledge and Human Development Authority) yang bekerja dalam kemitraan dengan CfBT untuk melakukan inspeksi.

 

Bicaralah dengan guru yang bekerja di sekolah tersebut

Cukup mudah menemukan guru yang bekerja di sekolah melalui media sosial. Jangan lupa setiap guru akan melihat sekolah melalui mata kepala mereka sendiri, tetapi Anda perlu untuk mendapatkan umpan balik pribadi dan konsensus dari sejumlah karyawan saat ini dan sebelumnya.

 

Apakah sekolah direkomendasikan oleh agen perekrutan yang bereputasi baik?

Agen perekrutan yang bereputasi baik seharusnya memberi Anda saran yang tidak bias dan akan dapat memandu Anda ke sekolah yang tepat untuk Anda. Agen perekrutan hanya akan bekerja dengan sekolah international jakarta yang telah dikunjungi dan diperiksa. Proses ini termasuk mewawancarai guru dan staf yang ada, mengembangkan hubungan dekat dengan kepemimpinan sekolah, mengunjungi lokasi, dan menilai sumber daya dan fasilitas secara langsung.

Pentingkah Anak Masuk ke Sekolah Internasional?

Menghadapi era globalisasi saat ini, semua orangtua termasuk Anda ingin si kecil dapat bersaing dengan mudah di dunia internasional. Apabila Anda amati, kini sudah banyak balita yang sudah fasih berbicara bahasa inggris karena mereka bersekolah di sekolah yang menggunakan kurikulum impor atau internasional. Nah, apakah sebenarnya penting bagi Anda untuk memasukan si kecil ke sekolah internasional?

 

Sekolah internasional memang berbeda dengan sekolah negeri atau swasta. Sekolah internasional ini bukan hanya mengajarkan pelajaran-pelajaran dengan bahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, si anak juga diajarkan untuk berpikir secara terbuka dan membentuk pola pikir global. Mereka akan bertemu dengan teman dan guru dari tradisi dan budaya yang berbeda sehingga mereka dapat memiliki rasa toleransi sejak dini.  Berikut beberapa keuntungan yang didapat ketika Anda memasukkan si kecil ke sekolah internasional:

 

 

  1. Kurikulum yang berbeda

Sekolah internasional memiliki standard kurikulum yang berbeda yang dapat membuat si anak lebih pandai, mahir berbahasa Inggris, dan kreatif. Pendidikan di sekolah Internasional juga lebih mementingkan sebuah proses bagaimana si anak belajar dan menyerap mata pelajaran tersebut daripada sebuah nilai. Sekarang ini, baik di Jakarta maupun kota-kota besar di Indonesia lainnya memang banyak sekolah yang melabelkan diri sebagai sekolah internasional. Namun, lembaga-lembaga yang benar-benar dapat menjanjikan si anak dapat bersaing secara global dan kompeten, dua diantaranya adalah Cambridge dan International Baccalaureate. Pastikan ketika Anda mencari sekolah internasional , Anda sudah mencari informasi mengenai akreditasi internasional dari sekolah tersebut.

 

  1. Membuka jalan lebar ke dunia global

Tidak dapat dipungkiri bahwa menempuh studi di sekolah internasional akan membuka banyak pintu menuju ke kancah internasional. Si anak akan mendapatkan ijazah internasional yang berguna untuk berkiprah di dunia internasional.

 

  1. Proses belajar-mengajar lebih efektif

Sekolah international jakarta mampu mengakomodasi kebutuhan masing-masing anak. Jumlah siswa dalam satu kelas pada umumnya tidak terlalu banyak, maksimal 20 siswa yang dilengkapi oleh projector sehingga setiap siswa dapat dipantau dan dibimbing satu per satu dengan maksimal.

 

Itulah beberapa keuntungan apabila anak Anda masuk ke sekolah internasional. Namun, pastikan Anda bersikap kritis untuk menyeleksi sekolah-sekolah internasional dengan melihat apakah sekolah tersebut memiliki kurikulum internasional yang diakui oleh dunia. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Anda dapat memilih Ichthus School, salah satu sekolah internasional di Jakarta yang memadukan kurikulum internasional (Cambridge) dan kurikulum nasional sehingga si anak juga dapat mengaplikasikan dan mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu. Ichthus School juga menyediakan pengembangan sosial, karakter, dan spiritual sebagai landasan untuk mempersiapkan anak agar dapat melakukan hal-hal yang besar dalam kehidupannya.

Artikel Lainnya : 5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Ketika Anda Mengirim Anak Anda ke Sebuah Sekolah Internasional