5 Alasan Mengapa Kegiatan Ekstrakulikuler Sangat Penting

       Apakah sang buah hati Anda sudah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler? Kegiatan yang dilakukan diluar jam sekolah ini merupakan hal yang penting di samping aktivitas akademis. Selain sebagai wadah untuk menyalurkan minat siswa dan memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi. Faktanya, sang anak wajib untuk mengembangkan kemampuan non-akademis, emosional, dan sosial sejak dini dan hal ini sejalan dengan pendapat pakar yang mengemukakan bahwa pelaksanaan pendidikan di sekolah perlu dikembangkan kearah pembelajaran yang sesuai dengan arah perkembangan potensi siswa. Oleh karena itu, wajib bagi anak-anak Anda untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakulikuler. Berikut merupakan 5 alasan pentingnya kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

Lihat Juga : International School Jakarta

 

 

  1. Menjelajahi kegiatan yang beragam

 

Band sekolah, klub drama, atau kegiatan olahraga mungkin merupakan kegiatan yang diminati anak Anda untuk bergabung. Dengan membiarkan anak-anak Anda mengeksplorasi mengenai beragam aktivitas, secara tidak langsung Anda juga memberi mereka kesempatan untuk menemukan minat dan bakatnya. Begitu anak-anak menemukan kesenangan dan kegemarannya, mereka akan mampu mengembangkan potensinya dengan baik.

 

   2. Melatih teamwork anak

 

Kegiatan ekstrakulikuler seperti menari, musik, basket, sepakbola, dan sebagainya membutuhkan anak untuk bekerja sama dengan teman sebayanya. Dengan berpartisipasi dengan kegiatan ekstrakulikuler, mereka akan mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan agar berhasil membangun komunikasi yang baik dengan sesama. Selain itu, kegiatan ekstrakulikuler berperan untuk membangun hubungan dan bersosialisasi dengan rekan sejawat yang berbagi kegemaran yang sama.

 

    3.. Anak menjadi percaya diri

 

Menguasai keterampilan baru dapat membantu untuk membangun kepercayaan pada anak. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler, mereka dapat membangun harga diri sehingga kelak sang anak menjadi pribadi yang tangguh.

     4. Anak dapat belajar untuk mengatur waktunya

 

Kegiatan ekstrakulikuler mengajarkan anak bagaimana cara mengatur waktu dan memprioritaskan berbagai tugas dan komitmen. Jadwal ekstrakulikuler yang terstruktur juga dapat membantu anak untuk menyusun aktivitasnya, seperti kapan mengerjakan PR, kapan bermain, belajar, kapan melakukan kegiatan ekstrakulikuler, dan sebagainya.

 

     5. Pikiran yang lebih kuat

 

Kekakuan akademis seperti pembacaan buku pelajaran yang bersifat teoritis dan pemecahan masalah yang kompleks memang dapat memperkuat pikiran. Namun, kegiatan ekstrakulikuler akan membuat pikiran anak semakin menguat. Misalnya, ketika sang anak mengikuti ekstrakulikuler olahraga, mereka akan dilatih untuk menjaga kesabaran dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

Baca Juga:

Christian High International School in Jakarta