Bersekolah di Sekolah Internasional, Gengsi atau Kualitas?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mulai dari bangunan sekolah yang megah, fasilitas yang lengkap, guru-guru yang "dimpor" dari luar negeri, hingga bahasa Inggris sebagai pengantar dan bahasa asing lainnya adalah beberapa kelebihan sekolah internasional yang menjadi alasan para orangtua menjadikan sekolah internasional sebagai alternatif pendidikan dan sekolah untuk sang buah hati. Segala "keunggulan" tersebut banyak dicari oleh para orangtua yang mengharapkan bahwa anak-anaknya akan mendapatkan pengajaran yang terbaik. Namun, apakah menyekolahkan anak di sekolah internasional merupakan salah satu upaya orangtua dalam mempersiapkan anak dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat ataukah hanya sekedar gengsi belaka? Untuk mengungkap hal tersebut, berikut ini adalah penjelasan yang diberikan oleh seorang psikolog, Jacinta F. Rini, Msi.

Berdasarkan psikolog Jacinta F. Rini, Msi, idealnya sekolah internasional harus mampu mempersiapkan anak didiknya untuk mempunyai kepribadian dan wawasan yang "internasional" setara dengan anak-anak di belahan dunia lainnya, termasuk juga nilai dan etikanya. "Jadi, bukan hanya sekedar pintar dan cerdas, apalagi kalau hanya pintar menghafal," ujarnya.

Dirinya pun menambahkan bahwa sekarang ini masih banyak sekolah, guru, kurikulum, yang memberikan pembelajaran yang tidak terlalu berguna bagi masa depan anak. Mulai dari sistem pembelajaran yang diterapkan masih bersifat satu arah, kurang merangsang daya pikir anak, hingga kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk beropini dan berkreasi. Dengan pola belajar demikian, maka anak akan mengalami tantangan besar jika dia berada di "dunia internasional" nantinya, karena anak memiliki mentalitas yang tidak siap terhadap pengelolaan kebebasan.

 

"Bila terbiasa disuruh, belajar menurut perintah, jawaban ulangan harus persis seperti di buku, maka ketika ia berada di daerah yang memberikannya kebebasan penuh untuk berkreasi, maka anak pun akan kerap merasa grogi dan stres berat," paparnya.

 

Untuk itu, sekolah internasional diharapkan bahkan idealnya mampu memberikan bekal bagi anak didiknya supaya siap terjun menghadapi persaingan global yang ada. Oleh sebab itu, bagi para orangtua sebelum memilih dan memutuskan sebuah sekolah untuk si kecil, maka sebaiknya amati terlebih dahulu apakah pemilik sekolah dan pengelolanya mengenal apa yang dimaksud dengan internasional.

Bagi Anda, para orangtua yang memutuskan untuk menyekolahkan anak Anda di sekolah internasional, maka Anda dapat mempertimbangkan Ichthus School, yang merupakan salah satu sekolah internasional di Jakarta.

 

Hal ini dikarenakan Ichthus School mengajarkan para siswanya tidak hanya pengetahuan dan pemahaman yang diperlukan untuk berhasil dalam ujian, tetapi juga tentang cara menggunakan ilmu dan menerapkannya secara kreatif pada kehidupan sehari-hari mereka. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website Ichthus School di www.ichtusschool.com.

 

Ichthus School - International School di Jakarta Selatan & Jakarta Barat Location | Sekolah Kristen Internasional Jakarta
Ichthus South Campus : Jl. Caringin Barat No. 1 Cilandak Barat - South Jakarta |  Tel : +6221-7590 8850  | Fax: +6221 7590 8850
Ichthus West Campus : Jl. Surya Mandala III Blok N II No.11 Sunrise Garden - West Jakarta | Tel : +6221-581 2228 | Fax : +6221 581 2229